Sabtu, 09 Januari 2010

Pengertian Akuntansi dan Sejarahnya


Akuntansi merupakan suatu system informasi, yang artinya system yang boiasa dipakai untuk menyediakan informasi keuangan yang diinginkan. Informasi dapat dibagi atas informasi yang kuantitatif dan kuantitatif. Akuntansi sebagian besar menggunakan informasi kuantitatif dimana kegiatannya terdiri dari pengumpulan dan pengolahan data keuangan suatu unit organisasi dan mengkomunikasikan hasil olahan datanya kepada pihak yang berkepenbtingan dalam mengambil keputusan yang ekonomik. Sedangkan informasi kualitatif dalam akuntansi biasanya berupa catatan atas laporan keuangan.

Seorang ahli matematika pada jaman Renaissance, Luca Pacioli, merupakan teman dekat Leonardo da Vinci dan Cgristoper Colombus. Tulisan Pacioli "Summa de Arithmatica, Geometria, Proportione et Propotionalite", mendekripsikan sebuah system yang memastikan informasi telah di catat secara efisien dan akurat.

Seiring berjalannya waktu dari industrial age pada abad ke-19 hingga abad ke-20 atau post industrial age dimana ada perbedaan antara pemilik dengan manajer, sebagai penerima dan pengambil keputusan atas laporan keuangan, pemilik menyetujui pekerjaan manajer yang tugasnya adalah menyusun laporan keuangan.

Perkembangan bisnis yang semakin kompleks membutuhkan perkembangan informasi laporan keuangan yang akhirnya memunculkan computer sebagai prossesor informasi yang menimbulkan information age.

Akuntansi ini sering diartikan sebagai "bahasa bisnis" atau lebih tepat dikatakan "bahasa pengambilan keputusan". Pengertian akuntansi lainnya adalah suatu sistem informasi yang kegiatannya terdiri atas pengumpulan dan pengolahan data keuangan suatu unit organisasi dari penbgkomunikasian hasilnya kepada berbagai pihak yang berkepentingan, untuk mengambil keputusan ekonomik. Dari defenisi akuntansi tersebut dapat dibedakan menjadi pengumpulan data (collecting) atau identifikasi, pengolahan (processing) atau menghitung (measurement), pencatatan (recording) dan analisa (analysis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar