Sabtu, 09 Januari 2010

Ambisi Negeri Panda Menjadi Pusat Sukuk


Baru-baru ini, inovasi dalam keuangan islam telah mengubah dinamika industri keuangan islam telah mengubah dinamika industri keuangan islam terutama dalam area bonds dan sekuritas. Penggunaan sukuk atau sekuritas islam menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir ini, baik govermentsukuk maupun corporate sukuk. Sukuk sudah berkembang mennjadi salah satu mekanisme yang sangat pentingdalam meningkatkan keuangan dalam pasarmodal internasional melalui struktur yang dapat diterima secara islam.Perusahaan multinasional, pemerintah, badan usaha milik Negara, dan lembaga keuanganmenggunakan sukuk internasional sebagai alternative pembiayaan sindikasi. Obligasi syariah tumbuhdan berkembang menjadi salah satu instrument keuangan yang sangat diminati pasar.
Daya tarik sukuk sebagai salah satu alternative untuk memperoleh dana segar dari timur tengah membuat banyak perusahaan di dunia melirik instrument keuangan yang berbasis ekonomi syariah ini, tidak ketinggalan hongkong pun ikut tertarik untuk memanfaatkan peluang manis ini.
Hongkong sebagai salah satu hub bisnis keuangan di Asia bermanfaat untuk mengembangkan Islamic Finance guna menarik minat para investor dari timur tengah dan para pebisnis yang berminat dengan produk-produk yang berlandaskan syariah islam.
Keadaan ekonomi kapitalis yang saat ini sedang guncang dan melimpahnya dana segar di Timur Tengah sebagai akibat kenaikan harga minyak dunia ini bias dimanfaatkan untuk meningkatkan investasi khususnya di Hongkong.
Sejak juli tahun lalu, pemerintah Hongkong melalui Hongkonh Monetary Authority (Bank Sentral Hongkong) telah membentuk kelompok kerja yang bertugas menerbitkan peraturan yang diperlukan terkait dengan system ekonomi syariah, system pajak dan regulasi lainnya agar system syariah bias berjalan seperti sitem ekonomi konvesional.

Muammalat Magazine: Edisi 03/Tahun I/ Juli 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar