Sabtu, 09 Januari 2010

Apakah ISO 9000 itu?


Untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap mutu secara terbuka, banyak organisasi telah mengejar sertifikat ,mutu, misalnya ISO 9000. ISO 9000 adalah sebuah seri standar manajemen mutu yang ditempuh oleh seluruh organisasi dunia. Standar ini mencangkup segala sesuatu mulai dari peninjauan kontrak peracnangan produk ke penyerahan produk., Standar ISO 9000 ditemukan oleh the internationalOrganization for Standardization dan menjadi standar yang diakui secara internasional untuk mengevaluasi dan membandingkan perusahaan di pasar global. Mendapatkan sertifikat ISO 9000 memberikan bukti bahwa sebuah sistem operasi mutu telah berjalan. Beberapa alas an mengapa perusahaan mengejar registrasi ISO 9000. Kenyataannya, jenis sertifikasi ini segera menjadi syarat mutlak untuk berbisni secara global.

Alasan-alasan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9000:
a.permintaan dan harapan pelanggan
b.keunggulan pasar
c.tekanan persaingan
d.biaya produksi
e.kualitas
d.strategi perusahaan

Standar ISO 9000 tidaklah hanya berlaku bagi perusahaan besar saja. Jasa distribusi, jasa konsultasi, pengembang piranti lunak, perusahaan listrik air dan gas, dan bahkan beberapa lembaga keuangan dan pendidikan telah berhasil mendapatkan sertifikasi itu.

Adalah penting bagi para manajer untuk menyadari bahwa meskipun banyak manfaat positif dap[at dipetik dari mendapatkan sertifikasi ISO 9000, manfaat kunci bagi organisasi berasal dari perjalanan perbaikan mutu itu sendiri. Dengan kata lain, tujuan sebuah sistem operasi yang berjalan memungkinkan para karyawan di seluruh organisasi tersebut melaksanakan tugas mereka dengan cara yang terus menerus bermutu tunggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar