Sabtu, 09 Januari 2010

Manajemen operasi


Istilah manajemen operasi merujuk pada perancangan, operasi, dan pengendalian proses transformasi yang mengubah sumberdaya seperti tenaga kerja dan bahan mentah menjadi barang jadi dan jasa. Setiap organisasi menghasilkan sesuatu. Sayangnya, fakta sering kali diabaikan kecuali dalam hal-hal yang jelas seperti dalam pabrikasi mobil, telepon, semen. Tetapi rumah sakit menghasilkan jasa medis, perusahaan penerbangan menghasilkan jasa transportasi yang memindahkan orang dari satu tempat ketempat lain, angkatan perang menghasilkan kemampuan pertahanan.

Dengan cara yang sederhana, kenyataan bahwa setiap organisasi mempunyai system operasi yang menciptakan nilai dengan mengubah masukan menjadi keluaran. Sistem tersebut menerima masukan (input: orang2, modal, peralatan, bahan mentah) dan mengubahnya melalui system operasi menjadi barang jadi dan jasa yang dikehendaki. Dengan demikian proses transformasi itu sama pentingnya bagi organisasi jasa sepertihal nya bagi pabrik.

Tepat sebagaimana setiap organisasi menghasilkan "sesuatu" setiap unit dalam organisasi pun menghasilkan sesuatu. Pemasaran, keuangan, penelitian dan pengembangan, sumber data manusia dan bagian akuntansi mengubah masukan menjadi keluaran seperti penjualan, meningkatnya pangsa pasar, tingkat perolehan yang tinggi atas modal, produk2 yang baru dan inovatif, dan laporan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar